Monday, September 12, 2016

Menikah itu Artinya "Sendiri"

Aku senang sekali membaca tulisan-tulisan orang bijak disana tentang cinta, asmara, pernikahan dan rumah tangga. Beberapa kutipan seperti "Perempuan baik akan mendapatkan laki-laki yang baik, tapi tidak semua pasangan dipertemukan dalam kondisi sama-sama baik. Kadang yang satu baik yang satu belum baik, itu artinya bisa jadi yang baik dapat kesempatan mendapat pahala untuk membantu yang lainnya jadi lebih baik", "Menjadi baik itu proses seumur hidup" kira-kira seperti itu lah cuplikan buku karya kak Nazrul. Aku sangat terinspirasi sekali dengan kata-kata beliau sampai detik ini saat menulis blog ini.
Aku pikir kenapa kak Nazrul bisa menulis kata-kata inspiratif itu, itu karena kak Nazrul memiliki pengalaman. Sehingga bisa membagi pandangannya tentang pernikahan. Malam ini giliranku yang akan membagi pandangan tentang makna pernikahan. Namun sebelumnya izinkan aku memperkenalkan statusku saat ini. Aku resmi menjadi istri sejak 26 Mei 2016 lalu. Dan laki-laki yang (semoga selalu merasa) beruntung itu bernama Dadang Sumayudha. Siapa dia? Nanti aku kenalkan di tulisan berikutnya. 
Sebelum menikah, kami sempat menjalin hubungan dekat, sehingga sedikit pernah mengalami beberapa hal bersamanya, dari yang manis sampai yang kurang manis. Ketika mendapapati yang kurang manis darinya ketika itu (sebelum menikah), dalam hati menjadi takut menikah dengannya. Sebab apa?  Hampir semua perempuan hobinya curhat, terlebih ketika mereka dalam kesulitan atau kekecewaan atau apa lah. Termasuk aku. Meskipun ilmu agamaku masih minim, tapi aku tau bawasannya ketika dua orang menikah, itu artinya mereka harus menjaga aib satu sama lain. Terinspirasi kembali oleh tulisan kak Nazrul, di salah satu bukunya diceritakan seorang istri yang curhat kepada ibunya tentang suaminya yang ini itu, lalu ibunya menasehatinya, bahwa seorang istri harus menjaga aib suaminya. Hal ini lah yang membuatku sempat membuatku takut menikah.
Terbayang saat bernasalah dengan suami, aku dilarang bercerita pada siapapun, bisa gila sepertinya. Oh, jadi menikah itu artinya sendiri. Masalah dengan suami tak boleh diumbar-umbar kepada orang lain, bahkan ke orang tua kita atau mertua. Setelah menikah, benar saja hal itu aku alami, seperti rumah tangga yang lainnya, kadang ada kurang manisnya (*wajar), aku merasa sendiri. Tapi sampai sekarang Alhamdulillah aku tidak gila seperti yang aku bayangkan sebelumnya, sebab aku belajar bahwa semakin seorang hamba merasa sendiri semakin ia dekat dengan Tuhannya. Iyaa betul sekali, tak bisa curhat dengan orang lain, aku masih bisa curhat sama Allah, cepet tenangnya dan merasa Allah benar-benar dekat. Pun saat-saat manis, bersyukur dalam-dalam kepada Allah, sampai menangis. Jujur, aku lupa kapan aku terakhir menangis karena bahagia (bersyukur), tapi semenjak menikah rasanya tiap hari ingin menangis saat melihat suami tersenyum, tertawa, bahkan saat dia tidur. "Ya Allah makasih, ya Allah makasih" begitu lah dalam hati menyebut saat melihat wajah suami. Menikah di usia ini kadang merasa belum percaya. Aku kira aku bakal lama mendapat jodoh karena banyak aib disana sini yang mungkin tak semua laki-laki bisa menerimanya. Begitulah skenario Allah yang adil dan sesuai kebutuhan hambaNya. Jadi teman-teman yang belum menikah, maka siapkan hati kita untuk menjadi hati yang senantiasa mengingatNya. Karena tidak ada yang bisa mengerti 100% seseorang kecuali Tuhannya. 
Terakhir aku mau copy paste cuplikan inspiratif dari Azhar Nurun Ala, yang ketika aku baca, aku langsung bilang "bener banget!".
 "Maka saya setuju sekali dengan apa yang dikatakan Salim A. Fillah, pernikahan adalah proses saling mengenal tanpa akhir. Dalam proses saling mengenal itu, tentu ada hal yang menyenangkan ada yang tidak. Ada yang membanggakan ada yang tidak. Sehingga proses saling mengenal yang tak didahului oleh kesiapan untuk menerima hanya akan melahirkan perasaan kecewa, yang jika ditumpuk lama-lama akan sangat berbahaya."

9 comments:

  1. luar biasa mba istiq,,,,mau lah kapan2 sharing sama istiq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kalau main ke puncak, mampir aja tin kesini. D cisarua

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Wah Istiq, dewasa sekali. Gua setuju dg tulisan lo di atas tiq ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seuju bagian mana kak? Ckckck. Jangan-jangan bagian pas tulisan orang lain lagi wkwkwkwk

      Delete
  4. Istiq, semoga selalu berbahagia dengan suami ya :) Setuju banget dengan tulisan diatas.

    ReplyDelete
  5. Haaaa baby utun mommy-nya keren bangeettttt

    ReplyDelete